Mahasiswa Manajemen dan Peserta Dari Berbagai Negara

KEGIATAN MAHASISWA MANAJEMEN DALAM ACARA NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY MODEL UNITED NATIONS (NTUMUN)

Conference
Conference

Nanyang Technological University Model United Nations (NTUMUN) adalah salah satu dari beberapa MUN bergengsi yang ada di region Asia Tenggara. NTUMUN 2014 kali ini diselenggarakan pada tanggal 14 Februari sampai dengan 16 Februari 2014, dan bertempat di Nanyang Executive Centre, Nanyang Technological University, Singapura.

Pada kesempatan ini, 5 orang mahasiswa/i Universitas Widyatama turut andil mewakili delegasi dari Iran, Kanada, India, Ekuador serta Spanyol yang terpisah dalam 4 dewan PBB. Adapun dari ke-5 orang tersebut, 3 orang berasal dari Fakultas Bisnis dan Manajemen, dan 2 orang berasal dari Fakultas Ekonomi.

Simulasi sidang PBB kali ini diselenggarakan oleh komite mahasiswa NTU yang tergabung dalam klub Model United Nations, diketuai oleh Dhruv Nayar, salah seorang mahasiswa berprestasi di S. Rajaratnam School of International Studies. Dan juga, turut hadir mantan duta besar Singapura untuk Indonesia sebagai pembicara pada saat acara pembukaan NTUMUN.

Konferensi atau sidang pun dibuka pada hari sabtu, dengan agenda yang telah ditetapkan oleh masing-masing dewan. Pada konferensi kali ini, berbagai macam etnik serta kebangsaan turut hadir dan meramaikan sidang konferensi ini, sebagai delegasi yang tidak ada hubungannya dengan asal etnik serta kebangsaan para peserta, sehingga konferensi kali ini berjalan sangat menarik. Pada beberapa dewan, sidang berjalan cukup alot dan lambat, karena banyaknya kepentingan nasional masing-masing negara yang terwakili, dan juga karena adanya beberapa kejutan yang disiapkan oleh komite penyelenggara acara.

Mahasiswa Manajemen dan Peserta Dari Berbagai Negara
Mahasiswa Manajemen dan Peserta Dari Berbagai Negara

Pada keesokan harinya, konferensi atau sidang pun ditutup saat dewan telah mengesahkan resolusi sebagai hasil diskusi, debat, lobi serta kerja keras masing-masing delegasi pada sidang kali ini. Dan selanjutnya acara terakhir adalah upacara penutupan serta pemberian penghargaan bagi delegasi yang dianggap cukup memberikan pengaruh bagi jalannya sidang. Sayangnya kali ini delegasi mahasiswa/i Universitas Widyatama belum berhasil mendapatkan penghargaan tersebut, semoga beruntung pada kesempatan berikutnya.